Jumat, 14 Februari 2014

Yakin Sudah Main UNO?


Aku kenal UNO mungkin sekitar kelas 3 SMA. Diajari mbak ku yang diajari temennya. Menurutku UNO  adalah salah satu permainan kartu paling adiktif.
Sebelum kenal UNO aku sudah lebih dulu kenal permainan REMI GILA (REGIL). Permainan dengan kartu remi yang menurutku sangat mirip UNO. Kartu 2 dan 3 untuk draw card (+2), J untuk Wild Card, Q untuk skip card K untuk reverse card.
Jaman itu UNO masih mahal. Adanya di indomaret dan gramedia dengan harga sekitar 50 ribu -Mungkin diimpor dari Perancis-. Berbanding terbalik dengn kartu remi yang harganya hanya 5 ribu. Berdasarkan itu, aku berpikir bahwa permainan remi gila ini muncul dari orang-orang yg pingin main UNO, tapi nggak punya kartunya. *ngawur*

Baru-baru ini, aku beli UNO dengan harga hanya 10 ribu. Beberapa hari sebelum itu, aku sempat berdebat apa kartu dengan angka yang sama boleh dimainkan sekaligus. Iseng, aku baca aturan mainnya. Lalu  di kalimat pertama aku langsung menemukan perbedaan. Biasanya kita main dengan @ 4 kartu dibagikan. Sedangkan diaturannya tertulis main dengan @ 7 kartu. Setelah permainan selesai, karena penasaran, aku baca aturan permainannya secara lengkap. Disitulah aku sadar, selama ini banyak yang salah. Peraturan yang bener ini aku tularkan ke beberapa teman. Teman yang sudah biasa main UNO tetap merasa aneh. Memang sih aturan main itu tulisannya banyak, panjang, kecil-kecil, bahasa inggris pula, pasti lebih enak dijelasin aja hehe

Jadi, ini aku kutip sedikit aturan permainan UNO yang banyak berbeda.


Summary and Deal
Each player is dealth seven card.
The hand begins with the player to the left of the dealer attempting to play one card from his hand ..
  • Kebiasaan main kartu remi dengan 4 kartu, padahal UNO dimainkan dengan 7 kartu
  • Aku berkesimpulan bahwa main 2 kartu dengan angka yg sama nggak boleh, karena tertulis play one card . Dan selanjutnya tidak ada keterangan yang membolehkan.

Play
If the card drawn is playable you may play it imediately
  • Kadang ada yang membolehkan langsung memainkan kartu yg 'diminum' (memangnya main omben), ada juga yang tidak membolehkan. Yg tertulis sih boleh..

Word Card
When a draw two card (kartu +2)is played, the next player must draw two card from the drawpile and forfeit his turn. You may not cancel the effect of a draw two card by playing another draw two card
Draw two, draw four or skip card can not be canceled by the plying of a matching card.
  • Lah ini yang fatal banget. Karena biasanya tambahan kesenangan main uno muncul dari bisa meloloskan diri dari kartu +2 dengan memainkan +2 begitu teruuussss, sampai yg nggak punya kartu +2 harus mengambil kartu dengan jumlah total dari semua kartu +2 yang dimainkan. Kasihan, tapi yang lain seneng banget hehehe :D
  • Aturan seperti itu, ternyata malah dilarang. Kartu +2 dan semua word card nggak bisa di cancel.

Wild Draw Four Card (kartu hitam +4)
this card may only be used when a player doesn't have a card in his hand matching the colour being played
Whenever a wild draw four card is played, only the player required to draw four card may challenge the playing of the card. If challenged, the player must show his hand to the challenger . If the play was legal, the challenger take two card in addition to the other four. If the play was not legal, the wild draw four card is returned to the player's hand, the correct card is played and the player succesfully challenged must draw four card.
  • Ini aturan yang lucu. Bisa mengajukan 'opsi tidak percaya'. Saat kita terkena efek +4, kita bisa mengajukan 'opsi tidak percaya'. Dan yang bersangkutan harus menunjukkan warna kartunya. Jika ternyata memang legal (tidak meimiliki kartu dengan warna yg seharusnya bisa dimainkan), kita yang sok nggak percaya ini dapat tambahan 2 kartu selain 4 kartu yang harusnya kita ambil. Kalau ternyata illegal (punya kartu dengan warna yang bisa dimainkan), kita aman. Kartu +4 diambil lagi. Yang mainny illegal dapat hukuman, tambahan 4 kartu. Hehe, lucu ya,, apa aku aja yang nganggep lucu..
  • Hati-hati dengan opsi tidak percaya yang menggiurkan ini. Aku sudah kapok. Karena sok nggak percaya jadi tambah 6 kartu, huhuhu :'(

Going Out
When a player play his last card, thus ridding his hand of all cards, the hand is over. Points are scored. The cards are collected, reshuffled and a new hand is begun.
  • Dulu aku sempet bingung kalau main uno menangnya awal. *eisiih padahal jarang*. Karena aku harus nunggu pemain lain keluar atau menang satu persatu. Berhubung uno ini sangat tricky, kadang 30 menit ga selesai nungguinnya. Kan garing yah yang menang duluan.
  • Ternyata seharusnya, begitu ada yang kartunya habis, istilahnya bukan menang, tapi keluar (going out) , permainan dihentikan. Kartu yang tersisa ditangan di hitung nilainya. Semua kartu dikocok lagi, permainan mulai dari awal. Nah, kalau gini kan nggak garing nunggunya :)

Counting and scoring :
All cards - through 9 : face value
Draw two card, skip card, reverse card, wild card, wild draw four card : 20
Once a player has gone out, all the player total the points in their hand and this total awarded to the player who went out. The first player to rech 500 is the winner.
Variation : the game may be scored by keeping a running total of the point each player is caught in his hand. Whn one player reach 500 (or any designated amount)the game is over and the player with the least number of points is declared the winner
  • Cara ini sama sekali baru buat ku. Aku belum pernah tahu permainan kartu lain yang dihitung skornya semacam ini. Dengan begini pemain nggak bisa keluar masuk sesukanya sampai tercapai nilai yang ditentukan dan pemenang bisa ditetapkan.
  • Aku pribadi lebih suka counting and scoring cara ke-2. sisa kartu masing-masing dihitung, dicatat. Permainan mulai lagi, diulangi terus sampai ada pemain yang mencapai nilai yang ditentukan, misal 500. pemain dengan nilai terendah adalah pemenangnya.
  • Dengan cara ke-2 ini, dengan satu permainan saja, bisa ditetapkan urutan pemenangnya dari nilai yang terendah. Biasanya pemain suka datang dan pergi sesuai kebutuhan. Terlalu lama kalau harus main terus sampai ada yang mencapai nilai tertentu.

Setelah membaca itu semua, aku jadi ngeh. UNO itu beda dan lebih kompleks dari remi gila. Dulu aku mikirnya remi gila mengadaptasi UNO, sekarang sepertinya cara main UNO yang biasanya lah yang mengadaptasi remi gila. Mungkin karena remi gila sudah lebih dulu dan lebih faimiliar dari pada UNO, juga karena membaca cara bermain terlalu buang-buang waktu. Langsung main saja lah... :D

Jadi teman-teman, yakin selama ini sudah main UNO? Kartunya mungkin UNO tapi mainnya aturan remi gila :D hihihi


+Peraturannya sengaja saya tulis dengan bahasa inggris, copy paste dari lembar aturannya. Supaya kalau saya salah persepsi bisa dikoreksi.

Peraturan main uno dari Box UNO made in china untuk Mallel, Inc USA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar