Senin, 21 Oktober 2013

Golongan Darah Sihir

  1. Muggle
    Manusia biasa bukan penyihir
CIRI : Tidak pernah menonton film Harry Potter atau membaca buku Harry Potter.Sama sekali tidak tahu keberadaan komunitas penyihir dan dunia sihir.
Atau,  Pernah menonton film Harry Potter tapi tidak tertarik. Muggle ini pernah menyadari keberadaan penyihir atau pernah melihat hewan-hewan fantastis, tapi demi kerahasiaan dunia sihir, mereka telah dimantrai Obliviate

  1. Squib
Penyihir yang tidak memiliki kekuatan sihir
CIRI : pernah menonton film Harry Potter, tertarik, tapi tidak pernah membaca bukunya.
Seperti yang kita tahu, film tidak memberikan informasi dan pemahan sebaik novelnya, itulah yang menyebabkan squib meski penyihir, tidak memiliki kekuatan sihir. Sehingga mereka umumnya tidak terlalu ktif beraktifitas di dunia sihir.


  1. Muggle Born / Mud Blood *kasar*Penyihir yang kedua orang tuanya muggleCIRI : menonton film Harry Potter, membaca buku Harry Potter, tapi tidak memiliki koleksi buku sama sekali.

Muggle Born dapat menyihir seperti penyihir normal, tapi umumnya dipandang agak rendah terutama oleh Pure Blood. Karena tidak memiliki sumber informasi yang  dekat, muggle born sering dianggap kurang paham dengan kehidupan dan budaya dunia sihir. Sampai usia 11 tahun, mereka hidup di dunia Muggle, sebelum akhirya bersekolah di Hogwarts. Tapi bukan berarti para muggle born tidak bisa menjadi penyihir yang handal. Contoh saja Hermione. Arus informasi saat ini begitu pesat, cerita dunia sihir bisa didapat bukan hanya dari buku. Begitupun pengetahuan sihir bukan hanya didapat dari keluarga yang penyihir tapi juga dari Hogwarts. Asalkan para muggle born belajar dengan giat dan bergaul dengan sesama penyihir dengan baik, tentu mereka juga bisa jadi penyihir yang hebat.

  1. Half Blood
Penyihir yang orang tuanya penyihir yang bukan pure blood atau salah satunya muggle.
CIRI :  menonton film Harry Potter, membaca buku Harry Potter, memiliki bukunya, tapi tidak lengkap.
Koleksi bagaikan keluarga. Saat koleksimu tidak lengkap, artinya dalam silsilah keluargamu juga tidak semuanya penyihir. Half Blood umumnya adalah kaum mayoritas di dunia sihir. Half blood menjadi penghubung antara pure blood dan mud blood. Mereka cukup dihargai oleh pure blood (kemungkinan terpaksa menghargai karen golongan pure blood kalah jumlah), dan tidak menganggap rendah muggle born.

  1. Pure Blood
Penyihir dari orang tua yang asli penyihir, yang sepanjang silsilah keluarganya tidak pernah ada anggota yang muggle, mugle born atau half blood.
CIRI : menonton film Harry Potter, membaca buku Harry Potter, memiliki koleksi buku dan film nya lengkap original.
Tidak diraguan lagi kesetian dan kebanggaannya pada kepenyihirannya dan dunia sihir. Koleksi mereka bagaikan keluarga, yang jika lengkap, artinya semua keluarganya adalah penyihir. Dengan sumber yang lengkap dan bisa diakses kapan saja, bolehlah kita menganggap para pure blood memiliki kemampuan diatas rata-rata. Meskipun teori itu tidak berlaku jika kita membandingkan Hermione dan Draco Malfoy. Yang tidak bisa disangkal adalah kebanggan pada pure blood hampir sama dg kebanggan memiliki koleksi Harry Potter lengkap. Dan koleksi itu tentu tidak bisa didapat tanpa status ekonomi yang memadai. Di dunia sihirpun, mau tidak mau, para pure blood dianggap cukup bangsawan.
Tapi tidak semua pure blood bangga berlebihan seperti para Malfoy. Bagi yang bangga atas pure bloodnya akan terus melengkapi koleksi dg buku-buku spin off, film spin off, majalah edisi khusus Harry Potter dan kehidupan di pottermore.com. Saat pure blood mulai menjual koleksinya, artinya mereka mulai kurang memperdulikan status pure bloodnya. Mungkin mereka sudah jatuh cinta kepada muggle, vampir, manusia serigala atau demigod, dan berencana menikah.

Tapi tenang saja kawan, sampai saat ini tidak ada tes laboratorium ataupun tes secara sihir yang bisa dipakai untuk menunjukkan status darahmu. Penggolongan ini sama sekali sekali berbeda dengan golongan darah ABO dan Rhesus. Saat kau akan transfusi darah, bahkan di St Mungo pun, para penyembuh tidak akan menanyai apakah kau Pure Blood atau Mud Blood ;)

Jadi apa apa golongan darah mu?
i'm a Muggle Born

9 komentar: